Program Studi PG PAUD mempersiapakan mahasiswa untuk menjadi:

  1. Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, melakukan assessment pembelajaran yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) sesuai dengan nilai-nilai norma dan budaya.
  2. Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran PAUD melalui pendekatan sainstifik.
  3. Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEK.
  4. Menguasai materi lembaga PAUD secara kreatif, inovatif, dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik baik pada tingkat nasional maupun internasional.
  1. Menguasai dasar-dasar teori tata kelola kelembagaan untuk merencanakan, mengelola, dan memecahkan masalah organisasi dan tata kelola di PAUD
  2. Memecahkan masalah kelembagaan/PAUD, merencanakan dan mengembangkan PAUD melalui pendekatan berorientasi nilainilai islami, logis komprehensif, kreatif dan inovatif
  3. Memiliki kemampuan managerial dalam penyelenggaraan PAUD

Memiliki jiwa kepemimpinan dan   entrepreneurship berbasis ke PAUDan

  1. Menguasai konsep teoritis bidang penelitian pendidikan dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD
  2. Mampu merencanakan, melaksanakan, mempublikasikan dan memanfaatkan hasil penelitian.

Capaian Pembelajaran pada Program Studi PG PAUD mencakup empat aspek yaitu: aspek sikap, aspek pengetahuan pedagogik, aspek keterampilan umum, dan aspek keterampilan khusus.

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian dan kewirausahaan.
  1. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran melalui teknik pembelajaran yang relevan dengan pendekatan saintifik.
  2. Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEK.
  3. Menguasai materi lembaga PAUD secara kreatif, inovatif, dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pengelola baik pada tingkat nasional maupun internasional
  4. Mampu merencanakan, dan menerapkan penelitian PAUD
  5. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran berdasarkan hasil penelitian
  6. Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEK untuk melaksanakan penelitian
  7. Menguasai konsep teoritis bidang penelitian pendidikan dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD
  8. Mampu mengambil keputusan berdasarkan hasil penelitian.
  9. Mampu memberikan alternative solusi berdasarkan hasil penelitian
  10. Mampu melaksanakan dan mempertanggung-jawabkan pekerjaannya sendiri sebagai tenaga pendidik PAUD di lingkungan masyarakat pada umumnya
  11. Mampu memupuk jiwa kepemimpinan terhadap diri sendiri dan lingkungan sosialnya
  12. Mampu mengembangkan konsep PAUD untuk memupuk jiwa entrepreneurship pada lingkungan sekitar.
  13. Mampu menganalisa perkembangan PAUD di masyarakat guna menentukan strategi yang relevan terhadap penyelesaian masalah.
  14. Mampu menumbuhkan rasa kepedulian kepada fenomena pentingnya PAUD di masyarakat
  15. Mampu memberikan sumbangan pemikiran yang berdasar teoritis dan penelitian terhadap fenomena PAUD di masyarakat.
  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya 
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskriptif saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. 
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi. 
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis, informasi dan data. 
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya 
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya. 
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin keaslian dan mencegah plagiasi. 
  1. Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran AUD yang sederhana melalui pendekatan saintifik
  2. Menguasai materi ke-PAUD-an secara kreatif, inovatif dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik baik pada tingkat nasional maupun internasional
  3. Mampu memecahkan permasalahan kelembagaan/PAUD, merencanakan dan mengembangkan PAUD melalui pendekatan yang berorientasi nilai-nilai norma, budaya, logis dan komperehensif, kreatif dan inovatif
  4. Menguasai teori kewirausahaan berbasis ke-PAUD-an
  5. Menguasai konsep teoritis bidang penelitian pendidikan dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD
  6. Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, dan melakukan asessment perkembangan anak usia dini, yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill) dan nilai-nilai norma dan budaya
  7. Memiliki kemampuan managerial dalam penyelenggaraan PAUD (mampu melakukan supervisi di PAUD dan mengembangkan bentuk kerjasama dengan stakeholder
  8. Memiliki jiwa kepemimpinan dan entrepreneurship terlebih di bidang ke-PAUD-an
  9. Mampu mengembangkan dan mengimplementasikan bidang kewirausahaan berbasis PAUD
  10. Mampu merencanakan, melaksanakan, mempublikasikan, dan memanfaatkan hasil penelitian
  11. Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEK
  12. Menguasai dasar-dasar teori kelembagaan untuk merencanakan, menerapkan, mengelola, memecahkan masalah organisasi, serta tata kelola di PAUD
  13. Menguasai materi lembaga PAUD secara kreatif, inovatif dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik baik pada tingkat nasional maupun internasional.